Kiat Sukses di Era Transformasi Digital untuk Gen Z

29-04-2024 / SEKRETARIAT JENDERAL

PARLEMENTARIA, Jakarta - Dalam kuliah umum program Magang Di Rumah Rakyat (MDRR) DPR RI 2024, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar Indra menyampaikan generasi z (gen z) mempunyai tantangannya tersendiri dalam menghadapi era transformasi digital. Ia mengungkapkan salah satu syarat yang diperlukan oleh gen z agar sukses dalam era ini ialah mempunyai visi yang jelas dengan dilengkapi dengan strategi untuk mencapainya.

 

”Sangatlah penting untuk mengkomunikasikan visi ini secara terbuka kepada dalam berorganisasi, memungkinkan semua pihak untuk memahami peran mereka dalam mencapai tujuan tersebut,” terangnya di Gedung Nusantara, Senin (29/4/2024).

 

Kedepan, kata Indra, pemanfaatan teknologi juga mutlak digunakan bagi setiap orang upaya mencapai kesuksesannya. ”memanfaatkan teknologi mutakhir dapat mengurangi waktu dan upaya yang kita lakukan dalam mencapai tujuan. Selain bekerja keras, perlu untuk bekerja secara efisien dan efektif, memaksimalkan produktivitas kita,” paparnya.

 

Lebih lanjut, poin penting sebagai syarat kepemimpinan di era digital kata Indra, adalah perilaku integritas, adaptif dan fleksibel. Menurutnya, pemimpin yang adaptif dan fleksibel dapat mengatasi tantangan dengan lebih baik, memimpin tim melalui perubahan, dan menciptakan lingkungan kerja yang inovatif dan responsif.

 

”Mulailah dari mana Anda berada, gunakan apa yang Anda miliki, lakukan apa yang Anda bisa. Keajaiban terjadi ketika Anda berusaha lebih keras setiap hari, berani melakukan sesuatu yang baru, dan menerima ketidakpastian,” sambungnya.

 

Poin akhir syarat kepemimpinan di era digital menurut Indra ialah, perihal pembelajaran dan pengembangan. Indra menjelaskan seorang pemimpin tidak hanya berpikir tentang dirinya. Tapi bagaimana organisasi sukses dan bertahan menghadapi zaman. Para pemimpin belajar terus menerus dan mengembangkan gagasan.

 

”Kepemimpinan memiliki peran yang penting dalam membangun masa depan yang berkelanjutan. Dengan memanfaatkan kekuatan inovasi, kreativitas, dan keterhubungan mereka, anak muda dari Generasi Z dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat dan organisasi. Kepemimpinan adalah sikap diri yang bisa mengantar kita mempelajari dunia dan bertahan hidup,” pungkasnya. (we/aha)

BERITA TERKAIT
Gelar Simulasi Sidang, Mahasiswa Magang Merdeka Serasa Jadi Anggota Dewan
16-05-2024 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta - Antusiasme lewat seruan tak terbendung berdatangan dari ratusan mahasiswa program Magang Kampus Merdeka di Gedung Nusantara, Senayan,...
Biro Rensi DPR Gelar ‘Uji Petik Jabatan Perisalah dan Asisten Perisalah’
16-05-2024 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta - Biro Perencanaan dan Organisasi (Rensi) Sekretariat Jenderal (Setjen DPR RI) secara resmi menggelar acara ‘Uji Petik Beban...
Parlemen Kampus Bangun Pemahaman Mekanisme Persidangan DPR Kepada Mahasiswa
15-05-2024 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta - Kegiatan Parlemen Kampus menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bagian Humas dan Pengelolaan Museum Sekretariat Jenderal...
Parlemen Kampus Edukasi Mahasiswa Berani Berpikir Kritis Terhadap Perkembangan UU
15-05-2024 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Makassar - Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna menyampaikan, sejak tahun 2011 kegiatan Parlemen Kampus menjadi...